HOME..........PROFIL.........FOLLOW BLOG !!

16.9.10

Blackberry: Isu Keamanan kah?




   mungkin sebagian besar pembaca blog ini mengetahui tentang gambar di samping. Betul sekali, itu Blackberry, sebuah smartphone dari Research In Motion (RIM) yang berkedudukan di Kanada. Blackberry saat ini sedang digemari di Indonesia, mulai dari para pelajar sekolah sampai bussinesman dan kalangan elit politik sehingga data menyebutkan bahwa pada pertengahan tahun 2009 saja jumlah pengguna Blackberry sekitar 300-400 ribu orang, bayangkan berapa jumlah pengguna Blackberry saat ini?

     tapi ternyata pada kenyataannya Blackberry memunculkan isu keamanan yang sangat mengkhawatirkan. Mengapa demikian? ini akibat letak server Blackberry yang berpusat di kanada saja membuat negara asal para pengguna Blackberry (pemerintah) tidak dapat memantau apa yang dikomunikasikan oleh para rakyatnya terkait layanan BBM dan push e-mail dengan Blackberry mereka.

      Pertanyaannya, Mengapa pemerintah tidak dapat mengakses data tersebut?

Data dari server Blackberry tersebut telah di-enskripsi atau dilakukan pengacakan, sehingga hanya server Blackberrylah yang mengehtahui isi data tersebut.

     jika di analogikan seperti ini: Penyedia layanan seluler seperti pembuat saluran pipa air, mereka membuat saluran untuk menghubungkan antar-rumah, hanya sebatas itu, mereka tidak bisa melihat dan mengehtahui apa isi dari pipa yang mereka buat. Bayangkan jika layanan Blackberry digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan pemerintah tidak dapat mengehtahuinya, akan seperti apa jadinya? itulah yang menyebabkan Blackberry membuat isu keamanan nasional.

     sedikit tentang alur atau cara kerja dari server Blackberry.CMIIW:  
   pesan e-mail dari mail server masing-masing account pengguna dikirimkan ke server Blackberry lalu dari server itulah data dikirim kepada provider yang ada di indonesia dan  untuk selanjutnya dikirim ke masing-masing pengguna Blackberry.

     di Arab Saudi sendiri layanan Blackberry sendiri sudah di blokir, saat ini mereka (Pemerintah Arab Saudi - RIM) tengah mengadakan proses negosiasi untuk menemukan solusi terbaik.

     untuk negara Indonesia, menteri Kominfo, Tifatul Sembiring sudah mengirimkan surat kepada RIM agar membuat server blackberry di Indonesia dengan alasan keamanan negara dan juga ditinjau dari jumlah pengguna. semoga masalah ini bisa terselesaikan dan para pengguna Blackberry tidak perlu khawatir lagi.

sumber:
dan berbagai sumber.


Posting Terkait



1 mention:

Anonim mengatakan...

gampang toh, larang semua pejabat publik dan keluarganya utk menggunakan BB. kalau ketauan akan dipecat tidak dengan hormat. lebih gampang daripada menimpakan kesalahan kepada RIM saja.

Poskan Komentar

menurut kamu gimana?

Suka? bagi ke teman juga yah. .

Recent Post

 

Sedikit Tentang. . Design n Modify by insight n chalilmun © 2012