HOME..........PROFIL.........FOLLOW BLOG !!

26.5.12

yang mana yang Salah dan Benar?



setelah lama ga update blog ini, tiba-tiba timbul keisengan saya untuk menulis lagi.
mari mulai menulis. .





Sabtu, 25 Mei 2012 pukul 01:44 WIB

Malam yang cukup dingin di kota Bandung, entah sekarang suhu berapa derajat di luar sana, karena di dalam kamar ini, walaupun sudah berselimut masih terasa cukup dingin.

Malam ini saya teringat tentang posting saya di twitter kemarin tentang salah dan benar.
apa masalahnya sebenarnya?

manusia dilahirkan ke dunia ini tentunya dengan kondisi yang suci dan benar, entah karena terlahir akibat cara yang benar atau salah. Manusia akan tumbuh dan terus berkembang menjalani hari-harinya. Selama hidupnya manusia akan melakukan banyak hal dalam hidupnya.

terkadang melakukan hal yang salah, dan juga terkadang melakukan hal yang benar.


Manusia dari hari ke hari terus mencari dan mencari kebenaran itu. Dibuatlah berbagai macam undang-undang dan peraturan yang dilihat dari berbagai sudut pandang kehidupan, dari norma-norma, nilai keetisan, nilai kepatutan, nilai kemanusiaan dan bermacam-macam nilai yang digunakan. jika sebagian besar manusia merasa hal itu benar, maka benarlah adanya, begitu juga jika sebagian besar manusia merasa itu salah.

tetapi peraturan beserta nilai-nilai yang ada disana dibuat oleh manusia, tempatnya kesalahan.


Tentunya dalam otak kecil dan alam bawah sadar kita, Manusia selalu berusaha melakukan hal-hal yang benar. tapi apa bisa selamanya manusia melakukan semua hal dengan benar? atau melakukan semua hal dengan cara yang benar? atau mungkin memang dia melakukan hal yang salah, tanpa tahu yang benar?
.
.
.
.
.
Alasan-alasan tersebut membuat saya bercermin pada diri sendiri dan berfikir.

"Apa saya sudah melakukan hal yang benar, dengan benar, dengan cara yang benar?"


yang saya takutkan, saya melakukan hal yang salah, tetapi saya merasa hal itu benar. saya ingin ketika saya melakukan kesalahan, saya tahu itu salah, dan tidak berusaha mencari pembenaran.

tetapi sulit ternyata,
karena benar dan salah menurut manusia bukanlah seperti binary code yang terdiri hanya dari angka 1 dan 0 atau seperti gambar black and white yang terdiri dari warna hitam dan putih. benar dan salah seperti bilangan real dan gambar grayscale atau bahkan RGB. nilainya tidak diskrit. penuh ketidakpastian dan ketidakjelasan. jadi yang kita lakukan belum tentu benar-benar salah atau salah-salah benar.


sebagai manusia, mencarilah saya apa itu salah dan benar. sampai saya peroleh, kebenaran hanya mutlak milik Sang Pencipta alam dan seluruh dunia beserta jiwa-jiwa yang diciptakan dengan penyempurnaanNya. satu lagi diketahui kelemahan saya sebagai manusia.


cukup puas saya dengan jawaban ini, walau belum hilang ketakutan saya.

untuk itu saya meminta Sang Pencipta Alam, Allah SWT. tolong selalu tunjukan saya jalan yang benar menurutMu, sekalipun itu berat buat saya, tolong buat jalan itu menjadi ringan, seringan kapas-kapas atau dandelion yang terbang dari pohon-pohonnya.
jika sesekali saya berjalan ke arah yang salah, tolong bimbing ke arah yang benar menurutMu, buat ini mudah bagi saya. juga untuk keluarga saya sahabat saya, dan orang-orang yang saya cintai. dan semoga hilang kegalauan saya tentang salah dan benar.


pastilah dalam hidup ini saya sebagai manusia melakukan hal yang salah, saya sadar bahwa, saya memang belum sempurna seutuhnya, tetapi saya terus berusaha.




cukup ini saja kegalauan saya malam pagi hari ini, semoga tidak pusing membacanya ya?
Semoga ada manfaatnya.




Enjoy it :)


Posting Terkait



0 mention:

Posting Komentar

menurut kamu gimana?

Suka? bagi ke teman juga yah. .

Recent Post

 

Sedikit Tentang. . Design n Modify by insight n chalilmun © 2012